Indonesia Emas 2045, Kolaborasi Cakap dan Infomedia Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing

GalaPos ID, Jakarta.

Kebutuhan akan kemampuan bahasa asing di Indonesia semakin mendesak, terutama di tengah tantangan global yang terus berkembang. Menanggapi hal tersebut, Cakap, penyedia layanan pendidikan bahasa, dan Infomedia, penyedia solusi digital, mengumumkan kerjasama strategis melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada acara Nex-Be Fest 2024 yang digelar di Jakarta pekan lalu.

Cakap, penyedia layanan pendidikan bahasa, dan Infomedia, penyedia solusi digital, mengumumkan kerjasama strategis melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada acara Nex-Be Fest 2024 yang digelar di Jakarta pekan lalu.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing dan keterampilan teknis bagi insan BUMN serta masyarakat Indonesia pada umumnya. Program ini diharapkan dapat memperluas akses dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi era globalisasi.

Sebagai bagian dari kerjasama ini, Cakap akan menyediakan Cakap English Standardized Test (CEST), sebuah pretest yang berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris para peserta sebelum mengikuti tes resmi seperti TOEFL atau TOEIC.

Melalui platform Infomedia, calon peserta tes dapat mendaftar dengan potongan harga khusus, membuatnya lebih terjangkau dibandingkan harus mengulang tes resmi. Program ini tidak hanya terbuka untuk ekosistem BUMN, tetapi juga bagi masyarakat luas.

Baca juga:



Selain itu, kerjasama ini juga mencakup placement test setara TOEFL ITP dan program upskill self-paced learning (SPL). Dengan ini, kedua pihak berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi bahasa asing Indonesia, sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano menyampaikan rasa optimis atas kerjasama ini.

"Penguasaan bahasa asing dan keterampilan adalah dua elemen kunci dalam mendorong daya saing bangsa. Kami yakin kemitraan ini akan memberikan solusi pelatihan yang relevan dan inklusif, untuk mempersiapkan insan BUMN dan masyarakat Indonesia menghadapi tantangan global," ujar Eddy, dikutip dari siaran pers Cakap, Jum’at, 13 Desember 2024.

Baca juga:

Sementara Chief Financial Officer Cakap, Jonathan Dharmasoeka juga menyampaikan harapannya agar kerja sama ini dapat membantu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.
 
"Melalui teknologi dan pendekatan pembelajaran inovatif, kami percaya program ini akan berkontribusi besar terhadap peningkatan kompetensi SDM Indonesia, agar siap bersaing di pasar global," kata Jonathan.
 
Selain dengan Infomedia, Cakap juga menjalin kerjasama dengan Kuncie.id untuk program serupa, yang lebih difokuskan pada kalangan pelajar (SD-SMA). Kerjasama ini bertujuan untuk menggali potensi dan memberikan pelatihan bahasa Inggris serta keterampilan kerja yang dibutuhkan untuk masa depan Indonesia yang berkualitas.
 
Sinergi antara Cakap, Infomedia, dan Kuncie.id diharapkan dapat memberikan solusi nyata bagi pengembangan SDM Indonesia yang lebih kompetitif dan siap menghadapi persaingan global.

Baca juga: Erick Thohir Rombak 22 BUMN, Direksi dan Komisaris Berganti Wajah


Dengan berbagai tes kompetensi yang terstandarisasi, kemitraan ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian visi Indonesia Emas 2045 di tengah kemajuan teknologi dan kecerdasan buatan (AI).

Berdasarkan laporan berbagai lembaga survei, kompetensi bahasa asing Indonesia masih berada di posisi menengah dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara. Untuk itu, penguasaan bahasa asing kini tidak hanya menjadi keahlian tambahan, tetapi telah bertransformasi menjadi kebutuhan utama, baik di sektor pendidikan, bisnis, maupun pelayanan publik.